Mengirim dan menerima Fax dengan Komputer

Pada Windows 7 Ultimate, ada fasilitas fax. Dengan program ini, komputer bisa mengirim fax, bahkan menerima fax. Syaratnya adalah memiliki modem fax / telkomnet instant, dan jaringan telepon.
 
A. Mengirim Fax
setelah modem terpasang, saatnya testing kirim fax. nyalakan program fax di windows 7, caranya ada di start menu – device and printers – fax. Pada saat pertama kali dijalankan, program meminta settingan negara kita, nomor kode wilayah, dan nomor telpon yang kita gunakan. Jika sudah, maka akan kembali ke programnya. Klik New Fax – ketik data yang diinginkan – tentukan nomor yang dituju. Pada saat itu saya coba ke fax dari rumah ke kantor.
 
program akan bekerja, ada bunyi2 data khas fax. tiit tuut tiit tuut, cling, aha, sukses. Tapi gak tau, di kantor sana fax nya diterima atau tidak. hehehe. Besoknya, saya ke kantor, oh ternyata fax malam tadi sudah masuk. Kemudian saya minta orang rumah Coba kirim fax ke sini. Cling, sukses. Ok, berarti Komputer sudah bisa menerima fax, Muantap!. Mengirim fax sangat mudah dan cepat
 
B. Menerima Fax.
Ok, mengirim sudah bisa, sekarang bagaimana menerimanya menggunakan komputer? Saya kirim fax ke nomor rumah, tapi ternyata malah diangkat telponnya. “Hallo hallo….”. Loh, kenapa diangkat ya ga masuk lah faxnya. saya call hapenya, saya bilang kalau. mau ngefax ,dan jangan diangkat. trus kirim ulang, ternyata bisa!

Selidik, kesulitan pada saat menerima fax adalah : tidak ada perbedaan bunyi telpon dengan bunyi fax. kemudian dicoba2 lagi hingga ketemu cara kerjanya menurut kasus.
 
Kasusnya seperti ini :
1. Jika ada orang mengirim fax ke nomor kita, maka telepon akan berdering 5x. setelah itu akan ada notif di komputer, dan fax akan diterima (dalam bentuk file)
2. Jika ada orang mengirim fax, dan kita menyangka itu adalah telepon masuk, kemudian kita angkat, maka fax gagal dikirim.
3. Jika ada orang menelpon kita, dan kita menyangka itu adalah fax, maka telepon akan berdering 5x, akan ada notif di komputer, tetapi faxnya kosong, kemudian jaringan seperti konslet dan berbunyi nyaring tuuuuuuuuuuut (bunyinya sama kayak gagang telpon anda angkat selama 5 menit). Disisi orang yang menelpon setelah mendengar nada dering 5x , maka akan ada bunyi mesin fax. tiit tuut tiit tuut (menyakitkan telinga, dan biasanya kalau mendengar itu orang ga mau nelpon ulang, karena dikira itu khusus jalur fax)
 
– Solusi sementara : untuk menerima fax, perlu konfirmasi dari pengirim.  
– Kekurangan : kalau komputer mati, tidak akan bisa menerima fax.
– Kelebihan : menghemat kertas, fax diterima langsung berupa file, dan ketika mengirim fax tidak perlu diprint, cukup dari lembar kerja langsung di print ke fax. misal kita mengetik di word tekan ctrl+p, arahkan ke fax. ketikan nomor tujuan, maka lembar kerja kita akan di print di mesin fax orang lain.
 
 
Jika belum ada budget bisa menggunakan Komputer untuk mengirim fax (dijamin 100% mudah), untuk menerima fax juga bisa, walau agak ribet. Demikian ˆ⌣ˆ
 

11 thoughts on “Mengirim dan menerima Fax dengan Komputer

  1. Boleh tahu detailnya cara ngirim faxnya mas??
    Soalnya biasanya paling banyak di tempat saya kirim dan terima PO. Kan mesti di scan dulu (tanda tangan asli di butuhkan). Trus hasil scan itu format JPG. Nah, waktu saya fax itu hasilnya di penerima itu jelek.

    Juga tingkat keberhasilan kirim maupun terima fax amat sangat kecil.

    Ada saran gak?

  2. Deringnya bisa dirubah dari 5 ke 2 atau 1 gak, bos?
    Aku menemukan begini
    menu tools ==> fax settings ===> centang allow the device to receive fax call
    ===> ubah angka di automatically answer after ___ rings.
    Bisa ga,ya? Soalnya aku gak punya fax buat uji coba. Siapa tahu agan bisa berhasil dengan trik ini.

    • Wah, silakan dicoba aja mengenai answer n deringnya🙂

      Saya skrg prefer menggunakan fax tersendiri, harganya sudah murah, lebih hemat listrik karena tidak tergantung komputer, dan lebih handal. postingan ni buat ilmu dan sikon mendesak aja, hehe.
      Sent from BlackBerry® on 3

Apa Komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s