Berkenalan dengan CIO – Chief Information Officer.

CIO (Chief Information Officer) adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Tugas pokok CIO adalah memastikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di organisasi bisa memberikan dukungan maksimal terhadap proses-proses di organisasi tersebut. Seorang CIO bertugas agar implementasi TIK bisa selaras dengan program-program yang dijalan sehingga tercipta efisiensi, akurasi, kecepatan, dan transparasi.

CIO diberikan tanggung jawab sebagai eksekutif pengambil kebijakan yang bertanggung jawab mempromosikan -serta mengimplementasikan- TI sebagai sarana peningkatan kualitas organisasi / pemerintah, baik pada level strategis maupun operasional. Selain menguasai teknis dan implementasi, CIO dituntut untuk memahami hal lain seperti : Manajemen strategis -organisasi dan SDM, aspek legal (hukum) ekonomi dan anggaran, keselarasan strategi bisnis dgn strategis TI, audit dan evaluasi TI, informatika sosial – psikologi, Manajemen Proyek, serta Manajemen TI secara komperehensif.

Apa Komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s