Inilah Kecerdasan Ke-4 Selain IESQ.

Satu dasawarsa terakhir kita telah mengenal 3 kecerdasan agar dapat hidup sukses dan bahagia. Tiga kecerdasan itu sering disebut IESQ, yaitu :

  • Kecerdasan Intelektual (Intellectual Question)
  • Kecerdasan Emotional (Emotional Question)
  • Kecerdasan Spiritual (Spiritual Question).

Konsep 3 kecerdasan itu telah membawa banyak perubahan terhadap banyak orang dan membuat mereka merasakan nikmatnya hidup bahagia. Namun sayangnya masih ada sebagian lain yang gagal, padahal mereka telah memiliki 3 kecerdasan tersebut. Salah satu contohnya banyak kita lihat betapa banyak orang yang superior pada akademik dan pekerjaan, dihormati oleh masyarakat, taat beribadah, namun tidak punya cukup waktu untuk keluarganya. Mereka pun tidak memiliki skala prioritas dan pembagian sumber daya yang bagus.

Hal tersebut disebabkan belum suksesnya dalam membuat keseimbangan antara 3 kecerdasan tersebut. Agar seimbang maka diperlukan 1 kecerdasan lainnya, kecerdasan yang tanpa disadari dimiliki oleh orang-orang telah berhasil tersebut diatas. Kecerdasan itu adalah Kecerdasan Manajerial (Management Question)

Inilah kecerdasan yang membuat kita sukses untuk membuat visi, program kerja, mengelola waktu, menentukan skala prioritas, bahkan akan menemukan titik dimana kita tidak tergantung sumber daya (uang, tenaga, waktu), tapi merekalah yang bekerja untuk kita. Kecerdasan yang membuat kita berada dalam kondisi seimbang, sukses dan bahagia di dunia, lebih-lebih di akhirat saat perjumpaan dengan Allah kelak. Sudah siapkah anda untuk meningkatkan Kecerdasan Manajerial?

Apa Komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s