Pertanyaan Yang Salah Kepada Pelajar Yang Membunuh.

Pelaku pembunuhan Deny, pelajar SMA Yayasan Karya 66, AD yang saat ini meringkuk ditahanan Polres Jakarta Selatan mengaku puas setelah melakukan pembunuhan. Pembunuhan tersebut dilakukan pada saat tawuran yang terjadi di Jalan Sahardjo, Manggarai, Jakarta Selatan, pada tanggal 26 September 2012, 13.00 WIB. Korban meninggal karena terkena sabetan senjata tajam.

Yang menarik adalah pengakuan kata PUAS yang disampaikan oleh pelajar tersebut. Hal ini merupakan tamparan yang sangat keras bagi dunia pendidikan Indonesia. Namun yang menggelitik adalah sebab pengakuan tersebut muncul, yaitu salahnya pertanyaan yang diajukan. Pelaku diajukan pertanyaan “puas mas telah membunuh korban?”. Ini adalah salah satu pertanyaan yang tidak bijak. Apapun jawabannya maka tidak akan bagus persepsinya. Jika dijawab tidak puas maka akan lebih berbahaya lagi penafsirannya. Sayangnya, pertanyaan tersebut diajukan oleh orang yang seharusnya paling kompeten dalam dunia pendidikan saat ini, Menteri Pendidikan.

Pertanyaan yang lebih bijak adalah “Menyesal mas setelah membunuh?”. Maka jawabannya pasti menyesal, dan disitulah akan ada nilai-nilai positif untuk perubahan. Tulisan ini juga mengingatkan kita semua, bahwa jawaban yang baik akan didapatkan dari pertanyaan yang baik pula. Kemudian orang yang cerdas adalah bukan hanya pintar dalam menjawab, tapi pintar dalam memberikan pertanyaan.

Kemudian kami menilai, pelajar yang membunuh tidak hanya sebagai pelaku, tetapi jika dilihat dari sudut pandang sebuah sistem, mereka adalah korban. Siapa yang harus bertanggung jawab, tentu saja pengelola sistem pendidikan dan pemimpinnya.

Bagaimana dengan pendapat anda?

Apa Komentarmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s