Lulusan SMK ingin Kuliah di Harvard, Bisa?

Berikut adalah capture dari sebuah milis di group beasiswa.

Thread Starter :
Assalamu’alaikum..
Maaf sebelumnya, saya baru lulus smk penerbangan tahun ini, sekarang saya bekerja di Lion Air, saya ingin sekali melanjutkan pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi, saya sangat ingin kuliah diluar negri terutama USA UK Australia atau Jepang, saya juga mempersiapkan materi untuk tes tahun depan karena dari info yang saya dapat dinternet pendaftarannya sudah ditutup. satu lagi saya juga punya piagam juara ostn tingkat provinsi untuk bahan pertimbangan. mohon bantu saya untuk mendapatkan informasi beasiswa penuh diatas, saya ingin mewujudkan cita-cita saya untuk sekolah di USA di Harvard University. saya mau ambil jurusan fisikia atu teknik sipil. Terimakasih
(Agustus, 2014)

Komentar :
Wa’alaikum salam wr wb. Saya sangat antusias dengan keinginan dan cita2 adik.

Prestasi adik bisa dijadikan bahan untuk apply beasiswa. Sekarang tentukan dulu mau kuliah di jurusan apa. Saran saya
1. Lakukan test psikologi MBTI (gratis di humanmetrics.com), nanti kelihatan minat dan ketertarikannya dimana.
2. Sebelum test perbanyak baca2 mengenai jurusan lain. Bisa jadi ada jurusan yang lebih diminati. Misalnya kalau saya jabarkan kelebihan jurusan manajemen bisnis yang menjadi leader di perusahaan, bisa2 adik malah minatnya berubah.

Agar tidak merasa salah jurusan nantinya, perbanyak baca mengenai keunggulan kelemahan banyak jurusan, lalu lakukan test kecenderungan jurusan berdasar psikologi MBTI.
Kalau sudah mantap jurusan pilihannya, baru hunting ke web universitas, pilih fakultas dan jurusan yang diminati. Lihat jadwalnya dan mulai penuhi persyaratan2nya. Cek nilai Toefl diminta berapa, apakah perlu test CAT, dsb.

Lebih cepat lebih baik, agar bisa mempersiapkan diri dengan sebaik2nya. Prioritaskan diterima dulu di universitas, baru hunting beasiswa. Apalagi jika diterima di Harvard, sponsor akan rebutan membiayai kuliah adik. Persiapan 3-10 bulan masih worthed banget untuk sekelas Harvard, apalagi jika terbayar dengan surat diterima. Tips lain, jangan hanya ke harvard, apply juga di banyak universitas. Belasan apply kalau perlu, agar lebih besar peluang kuliahnya

Oh iya, sampai jumpa di Harvard ya🙂

TS :
Beribu-ribu teimakasih saya ucapkan kepada mas atas masukannya,
mohon bimbingan dan doanya ya mas!
saya ingin mewujudkan impian saya yang terdengar sedikit naif menurut orang.
makasih ya mas.

Komentar :
If u can dream it, u can do it
If u believe u can, u’re on halfway
If u pray to Allah, He will grant it.
Just pursuit your dream

Tidak ada yang naif. Kita saja diajarkan Nabi untuk optimis dan bermimpi ke Surga. Kalau berani bermimpi ke surga harusnya lebih berani untuk ke Harvard. Sholat 2 rakaat sebelum subuh jauh lebih bernilai daripada dunia seisinya, (termasuk Harvard). Allah maha kuasa. Selamat berjuang! Semoga Allah mudahkan cita2nya.

End

Demikian capturenya. So, bagaimana pendapat anda?

Apa Komentarmu?

